• Follow Us

Mari Terapkan Pola Makan Sehat dan Asupan Gizi pada Anak!

Date: November 17, 2011 Author: admin Categories: Uncategorized

Pics01-K03News17Nov2011PENDIDIKAN dan aktivitas adalah stimulasi yang baik untuk mencetak anak cerdas dan mandiri. Tapi ada satu yang tidak boleh dilupakan. Asupan gizi anak faktor yang wajib masuk prioritas utama para ibu.

Makan di sini bukan cuma soal mengisi perut, tapi juga mencari makanan yang tepat untuk usia dan perkembangan anak. Plus menerapkan dan mengajarkan anak pola makan yang sehat sejak dini. Nutrisi yang didapat anak harus seimbang. Yang pasti, anak harus dibiasakan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur-mayur, buah, dan susu. Untuk itu, takarannya harus sangat diperhatikan. Jangan sampai anak-anak cepat bosan atau pantang terhadap satu makanan lain. Untuk itu perlu trik khusus. Ada perbedaan jenis makanan, porsi, pada tiap kategori usia.

Pics02-K03News17Nov2011Biarkan anak melakukan interaksi dan eksplorasi di meja makan. Sedikit kotor, asal anak mengerti benar soal pola makan yang sehat tentu tidak akan masalah, malah akan sangat menguntungkan anak Anda kelak.

Ikutsertakan anak-anak dalam proses mulai dari menentukan menu, belanja, hingga memasak. Mengikutsertakan anak membuat mereka ikut merasa bertanggung jawab dan membuat mereka tidak pilih-pilih dalam soal makanan.

Pics03-K03News17Nov2011Jangan kompromi soal pilihan yang tidak sehat. Ketika anak memilih makanan tak sehat, jangan biarkan. Sekali terjadi, anak akan mengulangi. Untuk menghindari kebiasaan jajan dan makanan tak sehat, sediakan camilan yang masuk kategori sehat di lemari es atau meja makan Anda.

Makan bersama merupakan cara paling tepat untuk menerapkan pola makan sejak dini. Riset menunjukkan, anak yang makan di meja bersama orangtuanya memiliki nutrisi yang lebih baik daripada yang tidak. Dan pola ini akan terbawa hingga remaja.

 

Sumber:
http://www.kaskus.us, adapted by Tities Sandrariasti, S.Pd