• Follow Us

Penggunaan ICT Dalam Kegiatan Belajar Di TKK 3

Date: May 16, 2012 Author: admin Categories: Uncategorized

Teknologi sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari anak-anak. Setiap hari kehidupan mereka berhubungan dengan dunia digital, seperti televisi, handphone, ipad, PC, psp dan lain-lain. Dengan begitu mudah juga mereka menguasai pengoperasian alat-alat tersebut, sesuai dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, seperti misalnya teknologi touch screen. Sangat banyak anak yang mahir menggunakannya. Sebagai orang tua maupun guru, kita harus mampu menggunakan teknologi tersebut dalam berbagai kegiatan yang positif.

Di TKK 3, ICT (Information and Communication Technology) diperkenalkan pada anak di dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah melalui penggunaan media LCD secara rutin di kelas. Melalui media LCD ini siswa dapat mendapat informasi tentang materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, baik itu berupa gambar, video, ataupun internet browsing.

Penggunaan media LCD di kelas

Penggunaan media LCD di kelas

Selain itu secara rutin pula siswa mengikuti pembelajaran di lab komputer dan juga berbagai software edukatif yang dapat mereka operasikan sendiri di dalam kelas.

Pembelajaran di lab komputer

Pembelajaran di lab komputer

Penggunaan media komputer dalam kegiatan belajar di kelas

Penggunaan media komputer dalam kegiatan belajar di kelas

Belajar dengan media ICT ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membuka imajinasi anak-anak dan mengembangkan kreativitas mereka (Price, Harriet, 2012).

Referensi:
http://www.teachingexpertise.com/articles/the-benefits-of-introducing-young-children-to-ict-3072